Selamat Datang di MasUn_Bio-PharmaTecholic

Proudly Presented by Mochamad Untung Kurnia Agung

Kamis, 02 Januari 2014

Delegasi Unpad Ikuti KKP/KKN Nusantara di Wakatobi, Sulawesi Tenggara

[Jatinangor, 02/01/2013] Indonesia merupakan salah satu kawasan penting yang menjadi pusat Kawasan Konservasi Segitiga Terumbu Karang Dunia (Coral Triangle Region). Penetapan kawasan konservasi ini mengamanatkan Indonesia sebagai daerah reservasi biosfer penting penyangga ekosistem-ekosistem penting lain di dunia. 

Upaya optimalisasi terus digalakkan dalam rangka memperkuat infrastruktur maupun kemapanan sumberdaya manusia di kawasan tersebut. Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, merupakan salah satu kabupaten yang tepat berada kawasan konservasi dunia tersebut. Dalam rangka optimalisasi tersebut, pemerintah kabupaten Wakatobi bekerjasama dengan Universitas Halu Oleo (Unhalu) Kendari, melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), merencanakan kegiatan Kuliah Kerja Profesi (KKP)/ Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara di kabupaten Wakatobi dengan mengundang mahasiswa FPIK dari seluruh Indonesia untuk melaksanakan kegiatan pengabdian di kawasan tersebut.

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran (Unpad) sebagai bagian dari civitas akademika perikanan dan ilmu kelautan di Indonesia, turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan mendelegasikan 2 (dua) orang mahasiswanya, adalah Iqbal Anugerah dan Issan Septia Ilyas, dua mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan FPIK Unpad semester V ini terpilih menjadi wakil delegasi Unpad untuk mengikuti kegiatan pengabdian yang akan dimulai dari tgl 3 Januari - 29 Februari 2014 tersebut. Menurut Dr. Sunarto, S.Pi., M.Si., Wakil Dekan I FPIK Unpad, kegiatan mereka selama di Wakatobi ini akan dapat dikonversi sebagai kegiatan KKNM oleh LPPM Unpad. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa secara administratif Iqbal dan Issan juga sudah resmi tercatat sebagai peserta KKNM Unpad untuk periode bulan Januari 2014.

Dengan mengusung tema “Mewujudkan  Sumberdaya Manusia Cerdas, Kompherensif, Tangguh, Berkarakter Indonesia dan Berwawasan Lingkungan untuk NKRI yang Berkualitas”, kegiatan KKP/KKN Nusantara ini diharapkan mampu membawa manfaat luas bagi perkuatan dan optimalisasi pembangunan sektor perikanan dan kelautan di Indonesia, dimulai dari perkuatan aspek sumberdaya manusia. Secara khusus, pada saat pelepasan keberangkatan, Dr. Ir. Iskandar, M.Si., Dekan FPIK Unpad, dan Dr. Ir. Eddy Afrianto, MS, Wakil Dekan II FPIK Unpad, menyampaikan harapannya agar kegiatan KKP/KKN Nusantara ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai ajang silaturahim dan membangun jejaring yang lebih luas dengan teman-teman FPIK dari seluruh Indonesia. Demikian pula Ir. Indah Riyantini, M.Si., Ketua Program Studi Ilmu Kelautan FPIK Unpad, juga menitipkan harapannya agar kesempatan yang diberikan kepada Iqbal dan Issan ini dapat ditunaikan secara optimal sebagai pionir bagi kegiatan serupa di tahun-tahun yang akan datang yang bisa diikuti oleh adik-adik angkatan mereka. 

Akhirnya, Selamat bertugas kawan! Menjadi delegasi almamater kita tercinta dalam kegiatan mulia ini, Pengabdian Kepada Masyarakat di Wakatobi. Sebagaimana yang kalian pernah katakan "dari sini mimpi kami akan dimulai", mimpi yang selaras dengan mimpi kami semua agar kejayaan bangsa kita sebagai bangsa bahari akan segera terwujud. [/muka]



1 komentar:

  1. welcome to wakatobi mas..btw dapat tmpat kkp di daerah mana? saya asli wakatobi juga loh..

    BalasHapus